Generated image

Buku Karangan Ryan, Bualan Atau Kenyataan?

JAKARTA, SENIN — Sejak ditahan di kepolisian hingga ditahan di LP Pondokrajeg, Cibinong, Ryan kerap membuat pengakuan yang mengejutkan. Sebagian dari pengakuan Ryan ini tertuang dalam bukunya, The Untold Story of Ryan. Pengakuan-pengakuan mengejutkan tersebut di antaranya pernah berpacaran dengan artis ILB, memiliki pacar perempuan, dan mengaku akan menikah. Kepada tetangganya di apartemen di Depok, Ryan mengaku sebagai dokter dan kerabat Gus Dur.

Artis ILB tak meladeni Ryan. Dia justru menuding Ryan sebagai pembual. Tetangga Ryan ketika menjadi saksi di pengadilan juga mengatakan bahwa Ryan bermulut besar.

Buku The Untold Story of Ryan setebal 128 halaman dan terdiri atas sembilan bab juga memuat pengakuan si penulis antara lain soal kebenciannya terhadap wanita yang muncul sejak dia memergoki ibunya selingkuh.

Mengomentari pengakuan Ryan, ahli psikolog forensik, Reza Indragiri Amriel, mengatakan bahwa sangat mungkin orientasi seks seorang bocah berubah akibat kecewa terhadap ibunya.

"Sosok ibu, merupakan perempuan yang seharusnya menjadi sosok yang sangat dekat dengan anak. Mengacu pada buku Ryan, sosok ibu berubah menjadi sosok yang mengecewakan dan dibenci," ujar Reza saat dihubungi pekan lalu.

Ryan kemudian menyamaratakan semua perempuan dengan ibunya sehingga ia tak bisa mencintai wanita.

Mengenai tudingan bahwa Ryan acap membual Reza mengatakan, jika benar Ryan membual, hal tersebut tidak berkaitan dengan orientasi seksualnya. Perilaku ini cenderung berkaitan dengan kepribadian ganda.

Reza menduga, Ryan mengalami psikopatologi atau mengalami gangguan kejiwaan tertentu. "Dalam bukunya ia mengatakan pernah mendapat bisikan gaib. Mendengar bisikan gaib adalah salah satu tanda seseorang mengalami psikopatologi," tuturnya.

Ryan dengan kondisi psikopatologi tersebut jadi sering berhalusinasi dan mengutarakan hal-hal "aneh" seperti mengaku keponakan Gus Dur. "Kebohongan itu perwujudan dari delusi yang dialaminya," kata Reza. Dalam literatur ilmiah, beberapa tipe pembunuh berganda juga memiliki ciri-ciri mengalami delusi dan halunisasi. "Analisis ini merujuk pada, biografi Ryan. Kalau dia berdusta di biografi itu, maka, analisis saya gugur. Kalau dia dusta, penegak hukum harus waspada karena bisa jadi Ryan sedang cari celah lepas dari hukuman dengan dalih sesuai Pasal 44 KUHP (tidak waras)," kata Reza.

Kemungkinan lain Ryan membual dengan tujuan mencari popularitas.

Jadi, jika Ryan yang mengaku dirinya membenci wanita kini mengaku memiliki pacar wanita hendaknya ditanggapi dengan cerdas. Mungkinkah orientas seksual seseorang berubah dalam hitungan hari? Jujur atau membualkah Ryan dalam buku The Untold Story of Ryan, silakan pembaca menilai sendiri. (Kontan/Dodi Hasanudin/Ahmad Sabran/Habis)



Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini