Generated image

Di Twitter, Mbah Surip kalahkan popularitas Presiden Obama, Bill Clinton, dan Cory Aquino.

Peristiwa meninggalnya musisi reggae tanah air Mbah Surip sempat membuatnya mendadak populer di situs mikroblog Twitter, Selasa 4 Agustus 2009.

Bahkan, popularitas Mbah Surip sempat mengalahkan popularitas beberapa kepala negara dunia.

Mbah Surip mengalahkan popularitas Presiden Amerika Serikat Barack Obama, bekas Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, dan bekas Presiden Filipina Corazon Aquino, yang meninggal akhir pekan lalu.

Memang, meninggalnya Mbah Surip di usia 60 tahun, bersamaan dengan hari ulang tahun Presiden AS Barack Obama ke-48, bertepatan dengan kunjungan Bill Clinton ke Korea Utara, dan hanya beda tiga hari setelah meninggalnya Cory Aquino pekan lalu.

Di hari wafatnya, Mbah Surip menjadi pembicaran terpanas di Twitter, mengalahkan topik pembicaraan Obama, Clinton, maupun Cory Aquino.

Setidaknya, hingga Selasa petang, Mbah Surip tercatat sebagai trending topics (topik hangat) yang paling tinggi di jagad Twitter. Rekaman statistik topik di Twitter, bisa dilihat jam per jam, melalui situs pemeringkat topik Twitter, situs Twist.

Topik Twitter Mbah Surip kalahkan Presiden Obama, Bill Clinton, dan Cory Aquino

Dari situs tersebut, terlihat jelas bahwa lonjakan Tweet (posting twitter) bertema "Mbah Surip" terjadi pada pukul 12 siang, yang mencapai 0,39 persen dari topik lain yang berseliweran di jagad Twitter.

Padahal tweet bertema Bill Clinton hanya mampu mencapai paling tinggi 0,29 persen. Sementara tweet tentang Cory Aquino, maksimal cuma mencapai 0,17 persen. Bahkan pada hari meninggalnya Cory, Sabtu pekan lalu, topik Cory Aquino hanya sempat mencapai 0.18 persen.

Namun, menjelang Rabu malam, tweet tentang Mbah Surip mulai menurun, dan trending topics mulai beralih pada ucapan ulang tahun kepada Presiden Obama. Diperkirakan hal ini disebabkan karena pengguna Twitter di sini sudah mulai menutup koneksi internet mereka, di saat bersamaan, Amerika Serikat baru memulai aktivitas mereka di pagi hari.

Peningkatan Jumlah Pengguna Twitter
Fenomena topik populer yang berasal dari Indonesia memang bukan hanya muncul kali ini. Sekitar dua pekan lalu, topik bom di hotel JW Mariott dan Ritz Carlton juga sempat menjadi topik nomor satu di Twitter.

Bahkan berdasarkan Twist, topik #IndonesiaUnite yang digagas oleh Pandji Pragiwaksono sempat meraih prosentase yang lebih tinggi dari Tweet Mbah Surip di hari pertama meninggalnya, yakni sebanyak 0,64 persen dari total topik yang ada di seluruh Twitter.

Ini menandakan adanya peningkatan pengguna layanan mikroblog Twitter di Indonesia. Menurut pemerhati dunia online Nukman Luthfie di Twitter-nya, berdasarkan data Google Adplanner, paling tidak ada sekitar 700 pengunjung unik di Twitter yang berasal Indonesia.

Statistik trafik Twitter di Indonesia menurut Google


Syamsul Arief Rakhmadani, dari Jakarta Twitter User Group (JTUG) mengatakan, ini merupakan peningkatan yang sangat pesat. Pasalnya, sekitar empat bulan lalu, pengguna Twitter di Indonesia masih berkisar antara 20 ribu.

"Adopter baru Twitter kebanyakan berasal dari kalangan remaja, anak kuliah," ujar Arief. Menurutnya, peningkatan jumlah pengguna Twitter itu selaras dengan meningkatnya mobile internet dan penggunaan BlackBerry, dan mulai bermunculannya beberapa kelompok pengguna Twitter di Indonesia.

"Selain JTUG, kini sudah mulai muncul SbTUG (Surabaya Twitter User Group) dan JogTUG (Jogjakarta Twitter USer Group)," kata Arief. Biasa melakukan kopi darat secara berkala, dalam sebuah acara bertajuk Tweet Up.

Mereka melakukan pertemuan-pertemuan berdasarkan minat spesifik, seperti buku, film, desain dan lain-lain, ataupun bertemu tanpa menentukan tema khusus. Peningkatan pengguna Twitter ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia.

Menurut statistik ComScore yang dikutip oleh situs TechCrunch, situs Twitter telah berhasil menarik 44,5 juta pengunjung unik di seluruh dunia, pada 2009. Ini merupakan peningkatan sebesar 1460 persen dari tahun lalu, di mana penggunanya baru 2,9 juta orang.

Dari 44,5 juta pengguna, 55 persen di antaranya adalah pengguna yang berada di luar Amerika Serikat. Kini situs mikroblog yang sempat dilirik oleh Google itu, menduduki peringkat 52 situs top dunia.

Namun, diperkirakan, pengguna Twitter sendiri lebih besar daripada perhitungan ComScore. Pasalnya ComScore hanya menghitung trafik pengakses Twitter.com. Padahal, lebih dari setengah pengguna Twitter tidak berkunjung ke situs tersebut secara langsung, melainkan melalui aplikasi Twitter.

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini