Generated image

Riset Baru Manfaat Jalan Kaki

Berjalan itu sehat. Karenanya, coba beri porsi waktu lebih banyak bagi aktivitas ini. Berjalanlah secara konstan, setidaknya 10 menit dalam sehari. Lebih lama, justru lebih bagus. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari kebiasaan berjalan kaki. Berikut di antaranya:

- Meningkatkan energi
Berjalan kaki secara rutin, minimal 25 menit per minggu (dilakukan seminggu 3 kali), bisa meningkatkan energi tubuh hingga 18 persen. Ini menurut penelitian dari Pennington Biomedical Research Center. Angka itu bahkan bisa bertambah tinggi, apalagi lebih dari 10 menit dalam sehari.

- Terhindar dari diabetes tipe 2
Dari Program Pencegahan Diabetes diketahui, orang yang berjalan selama 150 menit dalam seminggu, mampu mengurangi risiko terkena diabetes hingga 58 persen. Namun, ini bila disertai dengan laju penurunan berat badan sebanyak 7 persen dari bobot tubuh.

- Menyehatkan otak
Penelitian seputar kaitan antara aktivitas berjalan kaki dengan fungsi kognitif menyimpulkan hal yang menarik. Wanita yang rutin berjalan dengan langkah ringan lebih dari 1,5 jam per minggu, memiliki kemampuan kognitif sangat baik, ketimbang yang aktivitas berjalan kakinya tak lebih dari 40 menit dalam seminggu.

- Memperkuat tulang
Wanita yang telah menopause disarankan untuk berjalan kaki sejauh 1,6 km secara rutin. Studi membuktikan kebiasaan ini mampu meningkatkan kekuatan massa tulang tubuh dan memperlambat penurunan kualitas tulang kaki.

- Menyehatkan jantung
Ini diketahui dari pengamatan terhadap 72.488 perawat dari Nurse's Health Study. Kebiasaan mereka berjalan kaki selama lebih dari 3 jam dalam seminggu, membuat risiko terhadap serangan jantung turun hingga 35 persen, dibandingkan para wanita yang jarang berjalan kaki.

Saat sedang berjalan kaki, pastikan postur tubuh kita sudah tepat. Postru yang benar saat berjalan sangatlah penting, agar kita dapat bernapas dengan baik, terhindar dari risiko sakit punggung dan bahu, serta meraih hasil latihan secara maksimal.

Postur ideal saat berjalan:
- Badan tegak, tidak lemas.
- Bahu tegap, tidak membungkuk ke depan.
- Dagu sedikit terangkat, tidak menunduk.
- Pandangan lurus ke depan, terarah ke objek sejauh 3-6 meter.

Berita Terkait


Anda Harus Tahu 10 Perilaku Seksual Akibat Facebook
Mengapa Pria Mimpi Basah
Fakta-Fakta Aneh Seputar Air Mani Pria
Kenali Tanda-tanda Istri Berselingkuh
2 Penyakit Yang Mengintai Perempuan Jika Tak Bisa Orgasme
Fakta Mengejutkan Seputar Hubungan Intim
Benarkah Kecanduan Pornografi Hanya Dialami Pria?
Berapa Umur Terbaik Wanita Menikmati Seks?
80 Persen Wanita Mendesah Hanya untuk Pura-pura Orgasme
Keunikan Orgasme Wanita yang Tidak Ada Pada Pria
Cara Menebak Perempuan yang Gampang Orgasme
Ketika 'Konseling Seks' Harus Mempraktikkan Ilmunya
Bisakah Penis Terkunci Miss V?
Ciri-ciri Tubuh Terkena Sakit Usus Buntu
Barang Sehari-hari yang Bisa Memicu Penyakit Serius
Anak Kecil yang Kena Asap Rokok Berisiko Gangguan Mental

Siapapun Anda, dimanapun Anda, dengan latar belakang apapun Anda, dalam kondisi apapun Anda saat ini, fakta gambar dibawah ini akan membawa Anda pada PERUBAHAN FINANSIAL dan kehidupan Anda yang lebih baik. KLIK!
As seen on..
Lihat fakta gambar ini

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini