Generated image

Inilah Citra Angkasa Terbaik 2010


Fenomena di angkasa dan bumi telah diabadikan lewat foto dan bidikan satelit. Hasil bidikannya menyuguhkan sebuah citra yang menakjubkan.

Inilah 10 citra angkasa terbaik tahun 2010 hasil jepretan foto dan satelit yang dilansir situs National Geographic. Daftar berikut tak menunjukkan peringkat dari masing-masing foto. Klik untuk lihat gambar terkait.

1. Siluet Pesawat Kala Gerhana Matahari di Bangkok

Sebuah siluet pesawat tampak saat terjadi gerhana matahari di Bangkok, Thailand pada bulan januari tahun ini. Sakhsin Bunthavin dari Songka University mengungkapkan pada media Phuket Gazette bahwa Gerhana matahari tahunan ini mengurangi paparan sinar matahari sebanyak 57 - 80 persen, tergantung wilayahnya. Foto angkasa ini dipublikasikan di galeri "Eclipse Photo : Ring of Fire Shines Over Africa, Asia".

2. Gunung Mistik Tangkapan Teleskop Hubble

Kolom debu dan gas yang tampak berwarna dan dinamakan Gunung Mistik hasil tangkapan Teleskop Hubble dipublikasikan pada tanggal 23 April 2010 sebagai bagian dari perayaan 20 tahun teleskop Hubble.

Citra tersebut menggambarkan kelahiran bintang di nebula Carina. Bintang yang masih muda dan panas secara konstan mengemisikan radiasi dan partikel bermuatan, menyusun struktur seperti dalam gambar. Kolom debu dan gas itu memiliki massa jenis yang sangat tinggi.

3. Mars dan Pelangi Bulan

Mars bersinar bak bintang dihiasi oleh plangi bulan di wilayah berkabut sekitar Gunung Haleakala di Hawaii pada bulan Januari tahun ini. Gambar ini dipublikasikan di "Space Photos This Week: Shuttle Launch, Moonbow," dan diambil saat Mars hendak mencapai jarak terdekatnya dengan bumi. Pelangi bulan sendiri tercipta saat cahaya bulan melewati lapisan uap air pada kabut.

4. Bintik Hitam Matahari

Gambar ini diambil dengan New Solar Telescope milik New Jersey Institute of Technology. Dipublikasikan pada bulan Agustus tahun ini, para astronom mengatakan bahwa citra ini adalah gambar bintik hitam paling detail yang diambil dengan cahaya tampak.

Teleskop yang digunakan untuk menangkap gambar ini mulai diperasikan pada tahun 2009 di Big Brear Solar Observatory, Gunung San Bernardino, California. Teleskop tersebut menggunakan sistem optik adaptif sehingga mampu mencegah distorsi atmosfer, menghasilkan gambar yang lebih jelas.

5. Kembalinya Roket Hayabuya

Roket Hayabuya yang berhasil kembali ke bumi pada tanggal 13 Juni 2020 menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan saat perjalanannya. Saat memasuki atmosfer bumi, roket tampak seperti percikan kembang api karena beberapa bagiannya terbakar.

Roket ini berhasil membawa sampel debu dari ruang angkasa yang akan sangat bermanfaat untuk mengkaji terbentuknya planet dan tata surya. Citra ini dipublikasikan di "Space Photos This Week: Hayabusa Fireball, Whirlpools."

6. Danau Eyre

Wilayah Danau Eyre di Australia tampak membentuk wajah yang meringis berdasarkan citra satelit yang diambil pada Agustus 2006. Gambar ini merupakan 1 dari 40 gambar yang dirilis dalam koleksi Earth as Art 3 pada bulan November 2010.

Ketika curah hujan cukup, Danau eyre merupakan danau terbesar di Australia menurut data USGS. Tapi, danau itu merupakan fenomena yang hanya terjadi secara singkat di lahan kering. Selama 150 tahun terakhir, menurut data USGS, danau ini hanya terisi 3 kali.

7. Citra Asteroid Lutetia

Asteroid 21 Lutetia berhasil diekspos. Citra steroid ini berhasil diambil dengan pesawat ulang alik Rosetta milik European Space Agency. Dikatakan bahwa asteroid ini kemungkinan mengandung sisa-sisa dari awal pembentukan tata surya.

Untuk mengambil citra satelit ini, Rosetta menuju ke jarak 3162 kilometer di atas permukaan asteroid ini. Gambar ini memiliki resolusi tertinggi, diambil dari jarak 440 juta dari bumi, diantara orbit Mars dan Jupiter.

8. Aurora Australis Diambil dari Angkasa

Bahkan untuk para astronot, citra ini jarang bisa dilihat. Sebuah aurora yang diamati dari angkasa luar.

Aurora terbentuk ketika partikel bermuatan menumbuk lapisan atas atmosfer bumi, menyebabkan kenaikan energi pada atom oksigen dan nitrogen sehingga memicu pelepasan energi dalam bentuk cahaya.

Biasanya aurora terlihat di wilayah kutub akibat dari efek medan magnetik. Namun, aurora australis dijumpai di wilayah dekat khatulistiwa, terjadi ketika ada badai geomagnetik yang secara temporer mengubah medan magnet bumi.

9. Citra Pesawat di Atas Tumpahan Minyak di Laut

Citra satelit yang menggambarkan pesawat yang melintasi wilayah laut yang ketumpahan minyak diambil pada bulan April, seminggu setelah Deepwater Horizon tenggelam di Teluk Meksiko.

10. Kematian Bintang dalam Citra 3-D

Ini adalah citra sisa-sisa supernova SN1987A. Gambar ini dipublikasikan di "Space Photos This Week: 'Moontrail,' Sun Eruption, More."


Sumber: nationalgeographic.com

Berita Terkait

Suara Seruling Misterius di Kali Code
Tanda Baru Bahwa Mars Bisa Dihuni
NASA Menemukan Alien?
NASA Berhasil Temukan "Alien"
Wikileaks Simpan Data Rahasia Soal UFO
Obama Didoakan Jadi Mualaf Oleh Neneknya
CNN Best News: Misteri Segitiga Bermuda
Sebuah Asteroid Nyaris Tabrak Bumi
5 Sumur Zaman Majapahit Ditemukan
Hitler Ternyata Seorang Yahudi
Kenapa Noordin M Top Sulit Ditangkap
Manusia Bisa Melayang
Pemuda Ini Bisa Terbang Dan Berteman Kuntilanak
Ikan air Tawar Beratnya 1 Ton!
Tengkorak Vampir Akhirnya Ditemukan
Ikan Gurame Berwajah Manusia
Karpet Nabi Muhammad Terjual 825 M
Lubang Neraka Berada di Swiss
Mata Tuhan Memandangi Dunia Dari 700 Tahun cahaya


Siapapun Anda, dimanapun Anda, dengan latar belakang apapun Anda, dalam kondisi apapun Anda saat ini, fakta gambar dibawah ini akan membawa Anda pada PERUBAHAN FINANSIAL dan kehidupan Anda yang lebih baik. KLIK!
As seen on..
Lihat fakta gambar ini

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini