Generated image

Awas, Akun Facebook Anda Dibajak


Share

Jakarta: Don Kardono heran ketika suatu hari menerima pesan singkat atau SMS dari rekan-rekannya yang bertanya betulkah dia berjualan alat-alat elektronik melalui situs jejaring sosial facebook. Merasa was-was, Pemimpin Redaksi Indopos ini segera membuka akun facebook-nya.

Seperti yang dikhawatirkan, Don tidak lagi bisa membuka akun facebook-nya. Pihak lain telah mengambil alih kendalinya. Pihak tersebut menggunakan akun Don untuk seakan-akan menjual barang elektronik dengan harga sangat miring. Sejumlah rekan Don pun tertipu jutaan rupiah. "Kira-kira 10 orang karena harganya memang fantatis," kata Don, Selasa (30/3).

Pengalaman serupa juga dialami Darmawan Sepriyosa, wartawan Republika. Sejumlah rekannya tertipu jutaan rupiah akibat tawaran barang elektronik dengan harga miring dari akun facebook Darmawan yang telah dibajak. "Dia men-cash Rp 2 juta - Rp 3 Juta. Rp 40 juta kalau sudah 40 orang saja," ucap Darmawan.

Pakar teknologi informasi, Abimanyu, mengingatkan pengguna dunia maya agar selalu waspada. Ia menyarankan, sebelum bertransaksi, pastikan dulu keberadaan pihak lain melalui jalur-jalur komunikasi lain yang tersedia. "Tidak ada salahnya kita menelepon sebentar sekitar lima menit hanya untuk memastikan. Kalau sudah konfirm, baru bertransaksi," saran Abimanyu.

Bila Don Kardono langsung melapor ke Polda Metro Jaya, maka Darmawan akhirnya menulis surat pembaca di sejumlah media untuk memperingatkan rekan-rekannya. Walau kerugian sudah telanjur terjadi.(BOG)

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini