Generated image

Castlerigg, Lingkaran Batu yang Diliputi Misteri


Share

MISTERI bebatuan yang tersusun teratur yang ada di daratan Britania Raya belum sepenuhnya terpecahkan. Ini membuat situs-situs tersebut kerap dikunjungi pelancong yang tertarik akan bentuk dan kisah yang menyelimutinya.

Salah satu yang terkenal di Britania Raya ialah Stonehenge. Namun kali ini tidak akan membicarakan Stonehenge melainkan Castlerigg sebuah lingkaran batu kuno yang berada dekat Keswick, Inggris.

Castlerigg merupakan monumen pra-sejarah dan situs lingkaran batu yang paling banyak dikunjungi di Cumbria, North West England. Castlerigg adalah sebuah batu tulis malihan yang ditetapkan dalam lingkaran pipih, berukuran 32,6 meter.

Batu terberat yang ada di lokasi situs diperkirakan mempunyai berat sekitar 16 ton sedangkan yang tertinggi sekitar 2,3 meter. Lingkaran batu Castlerigg diperkirakan dibangun sekitar 3200 SM (akhir Neolitik/Perunggu awal), membuatnya menjadi salah satu lingkaran batu awal di Inggris dan mungkin di Eropa.

Situs bersejarah ini juga dilingkupi mitos bahwa tidak mungkin menghitung jumlah batu yang ada di sana dan setiap usaha akan menghasilkan jawaban yang berbeda. Beberapa perhitungan menyebutkan jumlah 38 dan 42 namun jumlah 'resmi' seperti yang tertera pada papan informasi National Trust menyebutkan angka 40.

Motivasi mengenai pembangunan Castlerigg hingga kini belum diketahui secara pasti namun sebuah pemikiran menghubungkannya dengan industri kapak era Neolitik Langdale yang berada di dekatnya. Lingkaran batu ini diperkirakan bertindak sebagai tempat pertemuan di mana kapak batu diperdagangkan atau ditukar.

Kapak batu sendiri, yang sering ditemukan di seluruh Inggris, diyakini mempunyai kegunaan melampaui fungsi awalnya. Karena itu, setiap pertukaran atau perdagangan kapak batu mungkin terlebih dahulu diawali dengan ritual atau upacara dan lingkaran Castlerigg bisa jadi merupakan ruang di mana ritual dan upacara tersebut dilakukan.

Terlepas dari apapun kisah yang menyelimuti lingkaran batu Castlerigg, ini merupakan situs yang layak dikunjungi saat melancong ke Inggris. Pemandangan bukit nan hijau di sekitar situs juga terlihat menyegarkan mata.

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini