Generated image

Ilmuwan Bongkar Misteri Hilangnya Bintik Matahari


Share

Ilmuwan memecahkan misteri hilangnya bintik Matahari yang membingungkan astrofisikawan seluruh dunia selama lebih dari dua abad. Ini terkait medan magnet Matahari.

"Medan magnet lemah yang tidak biasa mengurangi aktivitas Matahari sehingga melenyapkan bintik Matahari," ujar ahli fisika Piet Martens dari Montana State University.

Bintik Matahari dapat dilihat mata telanjang manusia sebagai titik gelap di Matahari dengan luas setidaknya 49 ribu mil. Mereka muncul disebabkan aktivitas medan magnet yang kuat atau badai di permukaan Matahari yang disebut plasma.

Bintik Matahari sering mengeluarkan partikel ke ruang angkasa yang dikenal sebagai solar flare. Namun, sempat hilang pada 2008 hingga 2010 dalam sebuah kejadian langka. Peristiwa itu juga sempat dilaporkan pada 1810.

"Memahami bintik Matahari sangat penting karena aktivitas Matahari mempengaruhi cuaca ruang angkasa serta teknologi di antariksa dan Bumi,” ujar Piet Martens.

Menggunakan komputer dengan model perubahan permukaan Matahari selama 2 ribu tahun, tim melacak hubungan ketidaan bintik Matahari dengan bidang kutub yang lemah. Temuan itu membuka jalan bagi para ilmuwan untuk memprediksi besarnya gelombang pada aktivitas matahari.

Penyimpangan dalam aktivitas Matahari mampu mengurangi angin surya sehingga mencegah pembusukan sampah antariksa seperti satelit yang mati. Penelitian itu diterbitkan pada jurnal Nature.

Sumber: Inilah.com

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini