Generated image

Ilmuwan Percaya Meteorlah Yang Membawa Kehidupan di Bumi


Share

LONDON - Studi dari para ilmuwan menunjukkan kalau meteor yang membombardir Bumi empat miliar tahun silam telah membawa kehidupan di Bumi.

Para ilmuwan telah mengambil bongkahan dari sebuah meteor di Antartika dan memberinya tekanan serta panas, sama seperti kondisi awal kehidupan seperti yang kita ketahui selama ini. Demikian seperti yang dikutip dari The Telegraph, Selasa (1/3/2011).

Tim ilmuwan tersebut menemukan bahwa batu meteorit tersebut memancarkan ammonia di kondisi awalnya, sebuah senyawa penting dalam pembuatan asam amino, yang merupakan fondasi dasar kehidupan.

Para peneliti menganalisa atom nitrogen dengan ammonia dan menyatakan kalau isotop atom-nya tidak cocok dengan yang ada di Bumi, menghapus kemungkinan kalau ammonia dihasilkan dari kontaminasi selama eksperimen tersebut.

Bukti fisik mengenai awal kehidupan di Bumi adalah sebuah fosil yang berusia 3,8 miliar tahun.

Tidak ada yang tahu persisnya bagaimana kehidupan di Bumi bisa terbentuk, tapi diduga bahwa itu terbentuk karena tekanan tinggi dan panas yang dicampur dengan zat kimia yang berasal dari luar angkasa.

Penemuan ini dibuat oleh Arizona State University ini, mengisyaratkan kalau zat kimia itu dihasilkan dari meteor, yang ditanamkan di Bumi dengan beberapa zat kimia.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

[okezone.com]

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini