Generated image

Inilah 10 Fenomena Masih Misteri


Share

Di dunia, terdapat fenomena-fenomena yang bisa dijelaskan oleh sains. Namun, terdapat pula beberapa fenomena yang hingga kini tak terjelaskan. Apa saja?
Dengungan Taos

Penduduk dan warga kota kecil Taos, New Mexico, dibingungkan dan dibuat jengkel selama bertahun-tahun oleh dengung misterius berfrekuensi rendah di udara gurun itu. Anehnya, hanya 2% warga Taos saja yang mendengarnya.

Beberapa orang yakin, dengungan itu disebabkan akustik tak biasa. Lainnya menganggapnya sebagai histeria massal untuk tujuan jahat rahasia. Hingga kini, apakah dengungan itu psikologis, alami atau gaib belum diketahui, begitu pula asalnya.

Bigfoot

Selama berabad-abad, makhluk buas besar, berbulu seperti manusia bernama Bigfoot ini secara berkala dilaporkan saksi muncul di Amerika. Meski ribuan bigfoot berkembang biak namun tak ada satu mayat pun ditemukan.

Absennya bukti seperti gigi atau tulang membuat sains tak akan pernah bisa membuktikan keberadaan makhluk seperti bigfoot dan Loch Ness. Selain itu, mustahil bagi makhluk ini tak terlihat dari mata manusia.

Intuisi

Fenomena ini sering kali disebut sebagai indra keenam, dan semua orang pernah mengalami intuisi. Intuisi sering kali salah namun tampaknya intuisi juga sering kali benar.

Psikolog menekankan, secara tak sadar orang mengambil informasi mengenai dunia di sekitar dan membuat orang memiliki intuisi atau mengetahui informasi tanpa mengetahui bagaimana atau mengapa mengetahuinya. Namun, intuisi sulit dibuktikan atau dipelajari. Psikologi nampaknya menjadi bagian jawabannya.

Hilang secara misterius

Orang menghilang dengan beragam alasan. Kebanyakan melarikan diri, beberapa karena kecelakaan, diculik atau terbunuh namun kebanyakan akhirnya ditemukan. Namun, tak begitu dengan hilang secara misterius yang sebenarnya.

Dari kru Marie Celeste hingga Jimmy Hoffa, Amelia Earheart dan Natalee Holloway, beberapa orang menghilang tanpa jejak. Ketika orang hilang ditemukan, selalu saja penemuan lewat polisi, pengakuan atau oleh ‘detektif gaib’. Namun, ketika bukti kurang dan petunjuk hilang, bahkan polisi dan sains forensik tak bisa berbuat apa-apa.

Hantu

Hantu muncul sejak lama di banyak budaya dan cerita rakyat. Banyak orang mengaku melihat bayangan orang asing atau kekasihnya yang hilang. Meski bukti adanya hantu tak dapat dijelaskan, banyak saksi melaporkan pernah melihat, mengambil foto, bahkan berkomunikasi dengan hantu.

Penyelidik hantu berharap, suatu hari nanti hantu bisa mengontak orang hidup dan memberi jawaban serta mengakhiri misteri ini.

Deja vu

Dj vu merupakan frasa Prancis yang berarti ‘telah dilihat,’ hal ini merujuk pada perasaan nyata, membingungkan dan misterius akan pengalaman di suatu keadaan tertentu.

Beberapa atribut dj vu, termasuk pengalaman psikis gambaran kehidupan sebelumnya. Seperti intuisi, riset pada psikologi manusia akan memberi penjelasan alami namun penyebab dan sifat alami fenomena ini tetap menjadi misteri.

UFO

Keberadaan UFO tak diragukan lagi. Banyak orang melihat benda yang tak bisa diidentifikasi di langit, mulai dari meteor hingga pesawat. Namun, apakah obyek-obyek atau cahaya itu merupakan pesawat alien, hal itu merupakan suatu hal berbeda.

Jarak menakjubkan dan upaya memasuki bumi dari semesta merupakan skenario yang mustahil. Meski beberapa peristiwa dapat dijelaskan namun beberapa UFO akan tetap menjadi misteri.

Sekarat dan kehidupan setelah mati

Orang yang pernah mengalami sekarat terkadang melaporkan beragam pengalaman mistis, seperti berjalan di lorong dengan ujung cahaya atau berkumpul dengan terkasih. Hal ini mungkin menunjukkan adanya eksistensi di luar kubur.

Meski pengalaman semacam ini penting, tak seorang pun kembali dengan membawa bukti dari ‘dunia di luar kubur’. Skeptis menyatakan, pengalaman ini dijelaskan sebagai halusinasi akibat trauma otak. Namun seperti dikutip Sciencedaily, hingga kini tak diketahui penyebabnya atau apakah hal itu memang merupakan ‘gambaran sisi lain’.

Kekuatan psikis

Kekuatan psikis merupakan salah satu fenomena tak terjelaskan yang banyak diyakini orang. Banyak orang yakin intuisi merupakan bagian kekuatan psikis, yakni cara mengakses pengetahuan khusus mengenai dunia atau masa depan.

Peneliti melakukan pengujian pada orang yang mengaku memiliki kekuatan psikis dan kebanyakan hasilnya negatif. Beberapa orang beranggapan, kekuatan psikis tak bisa diuji atau akan melemah ketika ada ilmuwan di dekatnya. Jika hal ini benar, sains tak akan pernah bisa membuktikan kebenaran keberadaan kekuatan psikis.

Koneksi tubuh dan pikiran

Sains medis baru saja mulai memahami cara-cara pikiran mempengaruhi tubuh. Efek placebo mendemonstrasikan, di saat tertentu, orang bisa meredakan gejala medis atau sakit hanya dengan meyakini obat tertentu sangat efektif, meski efektifitasnya tak diketahui kebenarannya.

Meski tak banyak yang diketahui, kemampuan menyembuhkan diri jauh lebih menakjubkan dibanding obat modern yang pernah diciptakan. [mdr]

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini