Generated image

Ilmuan: Perjamuan Terakhir Yesus Kristus Rabu, Bukan Kamis

Lukisan Last Supper of Tongerlo karya Leonardo Da Vinci

TRIBUNNEWS.COM - Umat Kristiani selama ini merayakan Perjamuan Terakhir (Last Supper) setiap Kamis Putih namun sebuah penelitian terbaru mengklaim jika Perjamuan Terakhir terjadi Rabu sebelum penyaliban. Demikian diberitakan AFP, Selasa (19/4/2011).

Profesor Colin Humphreys, seorang ilmuwan dari Universitas Cambridge, percaya hal ini terjadi karena kalender yang bercampur baur. Ia menegaskan penemuan ini kemudian menguatkan argumennya mengenai hari yang tepat untuk perayaan Paskah.

Humphreys menggunakan sebuah kombinasi Alkitab, sejarah, dan juga penelitian astronomi, demi menjelaskan poin penting dari waktu yang tepat kapan perjamuan terakhir Yesus dengan sejumlah muridnya sebelum penyaliban.

Para peneliti selama ini selalu mencari tahu dan memecahkan teka-teki dari data yang terdapat di Alkitab.

Saat Mathius, Markus, dan Lukas mengatakan jika Perjamuan Terakhir itu bersamaan dengan perayaan Paskah Yahudi, Yohannes mengatakan hal itu terjadi sebelum Paskah.

Humphreys memasukkan hal itu ke dalam bukunya berjudul The Mystery Of The Last Supper yang menyatakan jika Yesus termasuk Mathius, Markus, dan Lukas, kemungkinan menggunakan kalender yang berbeda dari Yohannes.

"Apapun yang Anda pikirkan tentang Alkitab namun faktanya adalah orang-orang Yahudi tidak akan pernah melakukan kesalahan makanan Paskah dengan jenis lain jadi selama ini para pewahyu Alkitab saling bertolak belakang dan ini sulit dimengerti," jelas Humphreys.

"Banyak ahli Alkitab mengatakan untuk alasan ini jangan percaya pewahyu Alkitab namun kami menggunakan ilmu dan juga pewahyu sehingga kami malah bisa membuktikan jika di sana tidak ada kontradiksi dalam Alkitab," jelas Humphreys.

Dalam teori Humphreys, Yesus menggunakan kalender lama Yahudi ketimbang kalender bulan resmi yang selama ini digunakan hingga saat kematiannya dan masih digunakan hingga saat ini.

Ini memungkinan jika hidangan Paskah dan juga perjamuan terakhir terjadi pada Rabu dan menjelaskan betapa banyak kejadian yang terjadi antara waktu perjamuan hingga penyaliban.

Kejadian itu dimulai dari penangkapan Yesus, diinterogasi, dan pengadilan tidak terjadi dalam satu malam melainkan terjadi dalam periode yang lebih panjang.

Humphreys percaya bahwa jika Paskah yang terjadi dalam kalender matahari modern dan berdasarkan itu maka jika penyaliban terjadi pada 3 April maka Hari Paskah jatuh pada 5 April.

Sumber: http://www.tribunnews.com/2011/04/19/perjamuan-terakhir-yesus-kristus-terjadi-pada-rabu-bukan-kamis

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini