Generated image

Inilah Situs yang Paling Banyak Dijiplak Mahasiswa di Dunia


Huffingtonpost- STUDI terbaru dari situs Turnitin menemukan, sebagian besar isi “tidak orisinal” yang ada di makalah para mahasiswa berasal dari situs yang sah.

Turnitin, situs yang menelusuri kegiatan penjiplakan di dunia akademis telah memeriksa 40 juta makalah mahasiswa. Menurut Turnitin, 140 juta isi dari makalah tersebut cocok dengan yang ada di beberapa situs.

Turnitin menjelaskan, menempelkan sesuatu dari Wikipedia ke dalam makalah tanpa kutipan yang tepat merupakan penjiplakan. Studi ini menemukan, satu dari tiga isi makalah para mahasiswa berasal dari situs jejaring sosial termasuk Facebook. Selain itu, situs di mana penggunanya dapat mem-posting dan berbagi informasi, seperti Answers.com juga banyak digunakan.

Ini merupakan temuan menarik, karena biasanya, isi dari situs seperti ini tidak diverifikasi dan tanpa rujukan. Para pengguna situs ini bisa mendapatkan informasi atas apa yang diinginkan, terlepas dari faktual atau tidak. Demikian seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (6/5/2011).

Yang menyedihkan, 15 persen dari isi makalah para mahasiswa berasal dari situs yang diarahkan pada kecurangan dan ketidakjujuran akademik. Situs semacam ini adalah www.oppapers.com dan www.allfreepapers.com, yang mencari keuntungan dari siswa dengan cara menjual, melakukan pertukaran, atau menempatkan iklan di sekitar makalah asli mahasiswa.

Satu dari empat situs yang sering dijiplak adalah situs pendidikan, termasuk situs organisasi nirlaba, lembaga pemerintah dan sejenisnya. Sebagian besar isi yang dijiplak diduga faktual, walaupun jelas tidak semuanya.

Menurut Turnitin, studi ini diharapkan mendorong para pendidik agar mengajar siswanya tentang kutip-mengutip yang tepat. Pasalnya, saat ini mereka dibesarkan di dunia yang terbiasa copy-paste.

Berikut daftar situs paling populer yang paling sering ditemukan dalam makalah tidak orisinal para mahasiswa.

1. Wikipedia
2. Yahoo! Answers
3. Answers.com
4. Slideshare
5. OPPapers
6. Scribd
7. Coursehero
8. Medlibrary(rfa)

-Artikel Menarik Lainnya Yang Perlu Anda Baca--Silakan scroll link-nya dari atas ke bawah-

Maukerja sampingan di rumah? Gaji Pokok 2juta / bln, ada BONUS!

0 komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini